selamat datang di blog raden mas suryo

Senin, 31 Oktober 2011

HAL-HAL KECIL

Ada beberapa hal kecil dapat mempengaruhi kehidupan kita, dan apabila mengabaikannya dapat mengakibatkan hal yang serius terutama dalam hal keselamatan. Kita sudah sering diberitahu tentang bahaya besar yang dapat mencederai kita, tetapi hal kecil kadang juga dapat mengakibatkan cidera yang serius.
Suatu perusahaan sangat concern ketika jumlah kecelakaan serius meningkat dengan melakukan perbaikan-perbaikan baik sistem, peralatan, material, pelindung mesin dan lain-lain.
Tetapi sebenarya kecelakaan terjadi karena hal-hal kecil yang terjadi tidak segera ditangani atau diperbaiki. Sebagai contoh :
  • sedikit ceceran oli di lantai yang tidak tidak segera dibersihkan karena terlalu kecil untuk dikhawatirkan. Ini tidak terlalu kecil, bagaimanapun hal ini dapat mengakibatkan orang yang melewati terpeleset dan jatuh jika ia tidak diperingatkan
  • Kotak barang yang diletakkan di lantai di depan rak, tidak diletakkan di tempat yang seharusnya. Ini akan menghalangi orang yang akan mengambil barang. Jika dibiarkan akan mengakibatkan tersandung.
  • Tangga ditempatkan sesaat di depan pintu untuk mengganti bola lampu. Jika pintu dibuka maka dapat mengakibatkan cidera baik orang yang sedang menggunakan tangga maupun yang melewati pintu..
Semua ini tinggal menunggu waktu jika kita mengabaikannya, karena bahaya tidak langsung kepada orang yang melakukan pekerjaan. Kita semua mengetahui dan berhati-hati dengan bahaya besar yang ditemukan saat memperbaiki peralatan listrik bertenaga atau melepas pelindung.
Jika kita melaporkan kerusakan peralatan, sambungan kabel jangan ditunda-tunda. Penting untuk untuk memberi perhatian kepada hal-hal kecil karena dapat mengakibatkan cidera serius pada diri kita maupun orang lain.
Cidera ringan yang tidak dilakukan perbaikan dapat menjadi masalah besar jika diabaikan. Sedikit goresan dapat mengakibatkan infeksi, debu masuk ke  mata dan menggores kornea dapat berakibat lebih serius. Maka pastikan untuk melaporkan cidera minor supaya mendapat perawatan yang memadai.
Hal kecil yang dilakukan dan jika kita meluangkan sedikit waktu untuk memberi perhatian kepada bahaya potensial di sekitar kita maka kita dapat mencegah terjadinya cidera serius yang menimpa diri kita maupun rekan kerja kita.
                              
(Selamat bekerja, always think safety & work safely)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar