selamat datang di blog raden mas suryo

Sabtu, 29 Oktober 2011

Gunakan Akal Sehat Dalam Bekerja

GUNAKAN AKAL SEHAT
Akal sehat kita tidak begitu saja timbul, tetapi kita mendapatkannya sepanjang hidup kita. Akal sehat biasanya di dapat dari pengalaman. Kita belajar tentang hidup dari pengalaman orang lain seperti orang lain belajar dari pengalaman kita. Dalam melaksanankan keselamatan kerja kita juga harus menggunakan akal sehat. Cara mudah untuk menghindarkan dari sakit adalah mengamati orang lain bagaimana mengambil resiko dan telah cidera dibanding belajar bagaimana cara menghindari terjadinya kecelakaan.  Tetapi jika kita menggunakan akal sehat, kita tidak perlu celaka terlebih dahulu baru belajar.
Para ahli mengatakan bahwa 80 % lebih kecelakaan disebabkan karena tindakan tidak aman dari karyawan bukan karena kondisi berbahaya. Meskipun pengusaha diminta secara hukum untuk menyiapkan tempat kerja yang aman dan sehat, hal ini bukan berarti bahwa karyawan dapat seenaknya bekerja tanpa mempedulikan keselamatan dan mengikuti cara kerja yang aman dalam bekerja. Dengan menjauhi tindakan tidak aman dan beraktifitas dengan akal sehat, pekerjaan anda akan berjalan lancar dan kecil kemungkinan terjadi kecelakaan.
Secara statistic, kebanyakan kejadian kecelakaan disebabkan karena tindakan tidak aman termasuk
·      Terburu – buru. Kadang kita terlalu berkeinginan untuk menyelesaikan pekerjaan sesegera mungkin daripada melakukannya secara aman.  Gunakan waktu untuk mengerjakan pekerjaan dengan baik dan aman.
·      Untung-untungan. Perilaku terlalu berani atau mengabaikan keselamatan dapat membawa team kerja ke resiko yang lebih besar. Bercanda berlebihan tidak diijinkan dalam pekerjaan dan dapat beresiko dikenai tindakan disiplin.
·      Kebingungan. Mimpi disiang bolong, melamun saat bekerja, berpikir tentang liburan dan tidak ada perhatian ke pekerjaan dapat mengakibatkan cidera serius bahkan meninggal. Fokuskan perhatian ke pekerjaan yang sedang anda lakukan. Jika anda sedang mempunyai masalah dan dibawa ke pekerjaan, anda beresiko untuk mengalami kecelakaan.
·      Mempunyai perilaku negatif. Sedang marah atau saat tidak mood dapat memicu terjadinya kecelakaan. Membawa emosi yang tidak stabil ke pekerjaan dapat melukai orang lain. Ingat, tetap tenang dan control emosi anda.
·      Gagal mengamati bahaya tersembunyi. Di banyak site, kondisi kerja berubah secara terus menerus. Kadang pekerjaan baru ada, bahaya yang tidak kita duga timbul. Selalu berbahati-hati terhadap perubahan lingkungan kerja. Bahaya tersembunyi termasuk ceceran bahan cair dapat mengakibatkan terpeleset dan jatuh, penempatan barang di jalan dapat mengakibatkan tersandung, lantai terbuka dapat mengakibatkan jatuh,
Selalu ingat dan berhati-hati terhadap bahaya, maka anda tidak ingin menjadi bagian dari statistik kecelakaan. Anda dapat mengerjakan pekerjaan tanpa terburu-buru. Memelihara perilaku positif dan menjaga pikiran agar selalu di pekerjaan. Hal ini bisa dilakukan hanya dengan akal sehat, sesuatu yang pekerja pintar gunakan.

 (Selamat bekerja, always think safety & work safely)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar