selamat datang di blog raden mas suryo

Minggu, 30 Oktober 2011

BURU - BURU


Kadang dalam melakukan pekerjaan karena deadline, orang menyelesaikan pekerjaan secara buru-buru. Hal ini terjadi bisa karena beberapa hal, pekerjaan dilakukan karena ingin cepat selesai sehingga cepat istirahat atau mungkin karena hasil pekerjaan sudah ditunggu oleh pihak lain. Atau kadang kita tidak mau repot untuk mempersiapkan peralatan karena kita menganggap hal itu hanya akan menambah waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Hal ini akan lebih beresiko untuk terjadi kecelakaan.
Tipe kecelakaan yang berhubungan dengan kebiasaan yang tergesa-gesa ini mudah diidentifikasi, tapi ada penyebab mengapa hal itu terjadi dan kita harus memperhatikannya dengan seksama. Sebagai contoh tindakan terburu-buru yang dapat menyebabkan kecelakaan antara lain :
·            Menggunakan tangga yang salah hanya karena pekerjaan tidak terlalu tinggi..
·         Tidak menggunakan kaca mata keselamatan karena pekerjaan hanya dilakukan sebentar.
·         Tidak ada waktu untuk memasang danger tag pada peralatan yang diperbaiki.
·         Membawa barang tanpa merencanakan jalur yang aman..
·         Membiarkan air atau oli di lantai supaya shift lain yang membersihkan karena sudah tidak ada waktu lagi untuk membersihkan.
Ketergesa-gesaan tersebut harus menjadi perhatian kita. Agar hal tersebut tidak terjadi maka dapat dilakukan dengan membuat perencanaan dalam melakukan pekerjaan, karena membuat perencanaan juga merupakan bagian dari pekerjaan. Jadi sebelum melakukan pekerjaan harus diidentifikasi terlebih dahulu pekerjaan apa yang akan dilakukan, peralatan apa yang diperlukan, bagaimana cara melakukannya dan juga setelah pekerjaan dilakukan.
Dengan kita melakukan perencanaan dalam pekerjaan maka kita akan dapat menyelesaikan sesuai dengan kualitas yang diinginkan dan juga aman selama melakukan perkerjaan

(Selamat bekerja, always think safety & work safely

Tidak ada komentar:

Posting Komentar