selamat datang di blog raden mas suryo

Rabu, 28 November 2012

Job Safety Analisis & Enviroment

     Dalam pekerjaan kita atau dalam kehidupan sehari hari, kita selalu dihadapkan pada pengambilan keputusan. Kita harus lanjut melangkah atau berhenti ataupun setengah setengah....
Sama halnya dengan JSEA (Job Safety Analisis & Enviroment) dalam bekerja. Semua yang kita lakukan ataupun yang kita kerjakan harus terlebuh dahulu kita pelajari, mulai dari :
  1. Uraian dan urutan langkah kerja
  2. Bahaya yang ditimbulkan oleh pekerjaan (Dari No.1)
  3. Uraian langkah tindakan pencegahan sebelum bahaya tersebut benar benar timbul
  4. siapa yang akan melakukan pekerjaan itu
    Sebenarnya dalam kegiatan sehari hari kita sudah melakukan atau membuat JSEA, namun tidak secara tertulis,(hanya dalam pemikiran kita)
contoh : pada saat kita melewati jalan yang berlobang ataupun berlumpur, pastinya kita akan berpikir bagaimana caranya agar bisa melewati jalan yang berlobang atau berlumpur tersebut. Dalam hal ini kita sudah membuat JSEA tetapi yang dimaksudkan disini kita membuat JSEA dengan tujuan sebagai patokan atau petunjuk kerja yang bisa diandalkan. Tentunya dalam pembuatan JSEA kita harus tau juga tentang apa maksud dan tujuan dari dibuatnya JSEA tersebut.
     Berikut tujuan atau fungsi dari dibuatnya JSEA :
  1. Untuk pedoman pada saat melakukan pekerjaan yang baru atau belum pernah dikerjakan.
  2. Untuk pedoman bagi karyawan yang baru bekerja dalam melakukan pekerjaan
     Nah dari fungsi dan tujuan ini kita bisa melihat, bahwa potensi potensi kecelakaan serius bisa terjadi pada jenis pekerjaan yang belum pernah dilakukan ataupun pada karyawan yang baru.
maka dari itu kita harus benar benar konsentrasi dalam rangka mencegah terjadinya kecelakaan ataupun timbulnya bahaya di lingkungan kerja kita.

Mudah mudahan bermanfaat, salam safety

Tidak ada komentar:

Posting Komentar