selamat datang di blog raden mas suryo

Senin, 26 November 2012

Antisipasi Kecelakaan



Salah satu kunci dalam pencegahan kecelakaan adalah antisipasi. Dengan mengantisipasi apa yang akan terjadi, hal ini untuk mengambil langkah aman guna mencegah kecelakaan. 
Satu langkah yang dapat kita lakukan adalah dengan mengivestigasi semua kejadian yang hampir menimbulkan celaka (Nearmiss). Kita harus selalu mengamati pada tindakan tidak aman dan hal yang memungkingkan terjadi kecelakaan meskipun tidak menimbulkan cidera. Analisa cidera membuktikan bahwa, rata-rata kasus kecelakaan terjadi diawali dengan kecelakaan yang terjadi karena kecelakaan yang tidak menimbulkan cidera.. 
Jadi kita mengerti bahwa kecelakaan tidak harus mengakibatkan seseorang cidera. Tetapi hal itu mengindikasikan bahwa bahwa terdapat sesuatu yang salah. Jika tidak segera dilakukan perbaikan maka akan besar kemungkinan untuk terjadi kecelakaan dengan kerugian yang lebih besar. 
Kita mengetahui bahwa kecelakaan tanpa cidera orang sekecil apapun kadang masih terjadi. Sebab terjadianya sebenarnya sama dengan kecelakaan yang mengakibatkan cidera dan terdapat cara yang sama untuk mencegahnya. Mencegah kecelakaan jenis ini sangat penting. 


Hampir cidera atau kecelakaan tanpa cidera, sebagaimana semua jenis kecelakaan harus diinvestigasi. Laporkan semua kecelakaan kepada atasan anda. Jika kejadian hamper cidera tidak segera dilaporkan dan tidak diperbaiki akan membawa kepada kecelakaan yang lebih serius. 
Mari kita coba dan mengantisipasi apa yang dapat terjadi dengan peduli terhadap keselamatan, melaporkan semua kejadian hampir celaka. Dengan kata lain kita juga berperan sebagai pemain dalam melakukan tindakan pencegahan terjadinya kecelakaan.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar