selamat datang di blog raden mas suryo

Kamis, 26 Juli 2012

“Checklist Sebelum Perjalanan”

Kenyamanan perjalanan dengan mobil yang anda gunakan
baik mobil bertipe SUV/LV  bergantung pada persiapannya.
Lebih baik siap tetapi tidak butuh, ketimbang saat kejadian kita
tidak siap seperti mesin mati, busi copot, ban meletus, slang rem
bocor dan masih banyak lagi.

Semua itu bisa diantisipasi jika persiapan perjalanan dilakukan
maksimal. Bukannya mau
mengubah takdir, namun
tradisi “mencegah’ harus
dibiasakan. Agar
kegembiraan tidak berubah
menjadi kesedihan, hanya
karena lupa membawa ban
serep. Jadi siapkan sekedar
berkenalan kembali dengan Rally  yang anda kendarai.
Biar Gampang, Siapkan Cheklist khusus untuk kesiapan
kendaraan

Ban 
1.  Paling gampang adalah mengechek tekanan angin pada
ban. Beri tekanan angin antar 30-35psi. jangan berlebihan
atau kekurangan. Atau sesuaikan dengan buku manual
2.  Lihat kembangan ban, pastikan masih tebal. Jangan
pernah mengabaikan ban yang mulai gundul dan lihat
hati-hati kemungkinan ban tersebut retak belah, rusak,
atau  pemakaian secara berlebihan. 
3.  Yakinkan bahwa tidak ada baut-baut roda yang hilang
atau kendor.
4.  Siapkan ban serep yang sama dengan ban utama. Akan
lebih baik jika keempat bannya sama. Ini memudahkan
dalam membawa ban cadangan

Mesin   persiapkan mesin dengan sempurna. Ingat, kendaraan
andak tak akan bisa dikendarai dengan enak kalo kondisi mesin
tidak sehat. Selain beresiko mogok, mesin yang tidak fit juga
boros bahan bakar. Untuk komponen Fast Moving seperti busi,
dan filter udara/bahan bakar, sebaiknya siapkan cadangannya.
Namun jika kondisi sudah tidak layak, ganti saja dengan yang
baru. Berikut beberapa bagian yang wajib diperiksa:
1.  Kondisi oli mesin. Lihat volume dan batas umurnya.
Tambah kalau kurang. Dan pastikan kekentalan oli
mesin sesuai buku petunjuk. Kalau sudah masuk usia
ganti, tidak usah menunggu lama, segera ganti dengan
oli baru. Pertimbangkan juga jarak yang bakal di
tempuh. Bila mengharuskan penggantian, segera
lakukan. Periksa pula filter oli-yang memang harus
diganti setiap dua kali penggantian oli mesin,

2.  Selain oli mesin, cek juga oli power steering ( bagi  yang
dilengkapi power steering). Warna olie menjadi gelap
menandakan saatnya minta perhatian. Daripada ragu,
mendingan ganti. Periksa juga kebocoran slang-slang
hidraulisnya. Kalau hanya volume yang berkurang sedikit,
cukup ditambah saja
Untuk memeriksa batas sempurna minyak, caranya
mudah, yaitu dengan cara melihat pada tabungnya. Batas
minyak haruslah berkisar antara 10 mm,  dan 5 mm
dibawah garis batas maximum. Dianjurkan untuk
memeriksa keadaan minyak rem/kopling setiap saat
secara bersamaan pada waktu anda memeriksa oli mesin.
3.  Khusus untuk kendaraan bertransmisi matik, sesuaikan
penggunaan oli matik dengan aturan dibuku petunjuk
masing-masing. Hidupkan mesin pada suhu kerja optimal
lalu periksa oli lewat dipstick.
4.  Cek ketimggian cairan pendingin di reservoir. Jika perlu
tambahkan coolant 
5.  Periksa kondisi timing belt. Jika terlihat retak-retak
kering, maka ganti dengan yang baru,

Kelistrikan  Sangat fatal jika kelistrikan mobil mendadak
bermasalah ditengah jalan. Baik itu yang berhubungan dengan
mesin ataupun system
elektronik diluar mesin. 
1.  Periksa semua sistem
pengapian mesin,
mulai dari busi, kabel
busi, platina
kondensor, koil, dan
rumah distributor.
Masukkan dalam
daftara belanja jika kondisinya memprihatinkan. Bila
komdisinya masih baik, cukup dibersihkan saja, 
2.  Coba semua lampu-lampu, terutama lampu sein, lampu
rem dan lampu utama. Pastikan semuanya berfungsi
dengan baik,
3.  Cek kondisi Aki. Pastikan larutan elektrolit diposisi
maksimum. Bersihkan (misalnya dengan air hangat)
terminal dari kerak karena dapat menggangu aliran listrik.
(Catatan: Dilarang Merokok, lihat MSDS Air aki)

Suspensi dan Kaki-kaki
1.  Sock-breker masih berfungsi dengan baik jika tidak
memantul berlebihan saat body diayun artinya proses
rebound dan kompresinya masih baik. Jika Body terus
memantul tandanya sokbreker tidak bekerja,
2.  Periksa semua mounting dan bushing bila ada yang rusak
atau pecah. Bawa segera ke bengkel dan ganti. 
3.  Cek tie road dan balljoint. Keduanya harus presisi karena
dapat mengganggu keselarasan roda dan celah bebas
gerakan setir
4.  Cek system pengereman. Baik teromol maupun disk
brake. Periksa semua peranti yang berhubungan mulai
dari slang, kabel rem dan minyak rem. Jangan ragu untuk
mencoba kempuan rem sebelum melakukan perjalanan
  
“Selain mesin, kelistrikan,
suspensi dan ban, masih ada
beberapa checklist yang harus
dilakukan”. 
Seperti mengontrol fungsi Radio, AC, cek karet wiper,
sekaligus periksa motornya, bersihkan kaca dan periksa
fungsi klakson, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar