Near Miss
atau Hampir Celaka merupakan istilah untuk suatu kejadian yang nyaris terjadi
kecelakaan, namun berpotensi menimbulkan kerugian atau cidera atau bahkan
kematian. Contoh skenarionya seperti seorang karyawan yang asyik bermain hp sambil berjalan
nyaris tertabrak oleh Leight Vehicle (LV) yang sedang mundur karena sang driver
tidak melihat kaca spion saat akan
mundur. Untuk menghindari tabrakan tersebut, sang driver LV langsung menginjak
rem dengan kuat.
“Untung saja gak ketabrak”
(sambil ngelus dada).
Nah, itu salah satu contoh pembahasan yang akan kita bahas pada safety
talks kali ini. Umumnya hampir celaka sering dikesampingkan
oleh sebagian orang. Padahal hampir celaka bisa kita
dikatakan sebagai pengingat kemungkinan terjadinya kecelakaan. Near
miss mengingatkan kita bahwa ada banyak bahaya di sekitar kita dan kita
harus tetap waspada dan berhati-hati dalam bekerja. Karena dianggap bukan suatu
hal yang penting, kadang kala near miss tidak dilaporkan. Padahal
dengan adanya laporan hampir celaka kita bisa mengantisipasi
terjadinya kecelakaan kerja.
Contoh hampir celaka yang sering kita jumpai adalah
·
Hampir terkena jatuhan obeng atau benda lainnya dari atas.
·
Hampir terjatuh karena menginjak lantai yang licin.
·
Hampir tersengat aliran listrik akibat ada kabel yang terbuka.
·
Hampir terta
·
Hampir terjatuh dari tangga.
·
Hampir menabrak unit lain,
·
Dan contoh lainnya.
Jika anda tahu tentang piramida kecelakaan, bahwa kadang kala
suatu kecelakaan diawali dengan near miss. Dalam setiap 600 hampir
celaka akan ada 30 kasus kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada peralatan,
mesin atau material, dan diantara itu kemungkinan ada 10 kasus kecelakaan yang
berakibat pada cidera ringan dan diantara itu juga ada kemungkinan 1 kasus
kecelakaan cidera serius atau bahkan kematian. Artinya, kita tidak dapat
menyepelakan near miss karena kita tidak pernah tahu diantara hampir
celaka yang mana bisa menyebabkan kita atau orang lain
celaka. Sepertinya yang namanya kecelakaan tidak juga menunggu sampai 599
near miss dulu kemudian near miss yang ke 600 jadi celaka. Untuk
itu, kita harus tetap berhati-hati dan memperhatikan kondisi serta perilaku dalam
beraktivitas.
Pesan K3
hari ini, Utamakan Keselamatan & Kesehatan Kerja dengan cara mengurangi
atau meminimalkan Near Miss, karena
“Hari ini dan hari hari selanjutnya juga harus Zero Accident”
“Hari ini dan hari hari selanjutnya juga harus Zero Accident”
Terima Kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar