selamat datang di blog raden mas suryo

Selasa, 27 November 2012

Ganjal Pada Saat Perbaikan Unit



Salah satu hal yang penting dalam pemeliharaan dan perbaikan unit termasuk didalamnya tentang pemasangan ganjal. Karena jika hal ini tidak dilakukan dengan baik dapat mengkibatkan kecelakaan. Bahaya dari unit yang tidak diganjal antara lain adalah unit dapat menggelinding sehingga dapat menabrak orang maupun barang yang berakibat terjadinya cidera maupun terjadi kerugaian harta benda.

Kapan ganjal digunakan
Unit tidak selalu bergerak, tetapi ada kalanya unit harus berhenti, baik berhenti secara normal (parkir) maupun karena kerusakan. Pada saat berhenti normal/parkir dan semua sistem pengereman berfungsi dengan baik maka kecil kemungkinannya unit untuk berjalan sendiri.
Tetapi jika unit berhenti pada saat ada kerusakan atau perbaikan, maka kemungkinan sistem akan ada yang terganggu. Pada saat ini harus apabila unit parkir pada saat service harus dipasang ganjal. Selain itu pada saat unit diparkir pada permukaan yang menanjak atau menurun juga harus dipasang ganjal.

Penempatan ganjal adalah hal penting. Maksud pengganjalan adalah untuk mengunci roda agar tidak bergerak sehingga unit tidak bergerak. Bagaimanapun jika ganjal tidak ditempatkan pada posisi yang benar maka ganjal tersebut tidak dapat mencegah pergerakan unit. Bagian yang paling aman untuk meletakkan ganjal adalah pada gandengan axle unit. Alasannya adalah, jika unit bergerak maju masih tertahan oleh ganjal, demikian jika unit bergerak mundur. Jika dipasang di depan atau dibelakang, maka unit masih bisa melompat ganjal.

Pengganjalan roda membantu menghindarkan kecelakaan. Gunakanlah ganjal saat memeriksa atau memperbaiki unit!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar