selamat datang di blog raden mas suryo

Senin, 26 November 2012

Antisipasi Kecelakaan




Salah satu penyumbang data kecelakaan kerja yang besar adalah kecelakaan lalulintas di area tambang, karena kegiatan pertambangan kususnya tambang terbuka tidak bisa dilepaskan dengan penggunaan kendaraan operasional dan alat – alat berat sebagai pengangkut bahan galian / alat pemindah tanah. Dengan demikian usaha pencegahan kecelakaan yang dilakukan salah satunya adalah dengan membuat aturan lalu lintas tambang yang diikuti dengan pemasangan rambu – rambu lalu lintas, macam dan jenis rambu lalulintas yang dipakai di aera pertambangan tidak berbeda dengan rambu yang dipakai pada laulintas umum yaitu : Rambu Larangan, rambu perintah dan rambu peringatan.
Kecelakaan yang terjadi salah satunya disebabkan oleh tidak dipatuhinya rambu – rambu lalintas yang ada misalnya :
1.  Rambu STOP artinya setiap kendaraan yang melewati rambu tersebut  harus berhenti sejenak, artinya semua roda tidak ada yang bergerak untuk waktu beberapa menit.
    Mengapa harus STOP…….??? Rambu ini biasanya dipasang pada pertigaan atau perempatan, fungsinya adalah untuk memastikan adanya kendaraan lain dari arah kanan dan kiri yang akan melintas agar tidak terjadi tabarakan. Contoh pelanggaran rambu ini pernah terjadi di salah satu perusahaan tambang di Kutai Timur, Kalimantan Timur : “kendaraan LV yang terlindas oleh Unit 777 dari arah kanan karena tidak berhenti di rambu STOP “.
2.  Rambu Give Way / rambu beri kesempatan artinya kita harus memberikan kesempatan atau memberikan prioritas kepada setiap kendaraan yang akan melintas didepan kita, rambu ini biasanya dipasang di perempatan atau pertigaan. Pada rambu ini kita tidak diwajibkan untuk berhenti tetapi kita dianjurkan untuk berjalan pelan – pelan guna memberikan kesempatan kepada kandaraan lain yang akan melintas.
3.  Rambu Dilarang Mendahului artinya kita tidak boleh mendahului kendaraan lain yang berada di depan kita sampai batas area yang ditentukan, rambu ini biasanya dipasang pada jalan – jalan yang berkelok, jalan yang menanjak dan menurun. Mengapa dipasang rambu ini sebab pada daerah tersebut pandangan kita sangat terbatas sehingga kita tidak mengetahui adanya unit lain yang melintas berlawanan arah dengan kita.

Dan masih banyak lagi rambu – rambu lalulintas yang lain yang harus kita patuhi, …..semua tergantung kepada kita ..” Selamat itu yang utama “.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar